Abs.Net web Page

Share Your Knowledge, Build your Network..

Teori konspirasi Pembuat Virus & Pembuat Anti virus

Posted by absnet on 19 February 2009


Sangat menarik membaca artikel yang ditulis Bapak Jafar Sodiq dari Raharja Network. Beliau berteori bahwa antara pembuat virus dan pembuat antivirus ada saling kerjasama yang menguntungkan, dimana pembuat virus membuat virus dengan spesifikasi tertentu dan pembuat antivirus akan segera mengeluarkan antivirusnya. Memang, teori ini sangat masuk akal dan mungkin saja terjadi. Apalagi dalam dunia bisnis. Bahkan banyak film yang menceritakan tentang lab (biologis) yang membuat virus, dan kemudian sudah mempersiapkan antivirusnya duluan, sehingga bisa menguasai dunia.

Namun ada satu hal yang menurut saya agak mengganggu, yaitu pada pernyataan beliau yang seakan-akan memberikan kesan bahwa pembuat antivirus hanya mampu membuat antivirus dari virus “pesanan” saja. Itu yang menurut saya perlu dikoreksi.

Seberapa cepat sebuah antivirus membuat antivirus untuk virus tertentu yang baru saja muncul, tentunya bergantung pada beberapa faktor, yaitu ketersediaan sumberdaya (kalau perusahaannya besar tentunya sumberdayanya sudah dapat diandalkan), tingkat kesulitan virus (apakah virus tersebut menggunakan metode yang baru), dan yang paling penting adalah : sampel virus. Masalahnya begini. Saat ini begitu banyak virus yang dibuat oleh pemula. Mengapa?. Karena internet, selain menyediakan anti virus juga menyediakan program pembuat virus. Coba longok saja jasakom, kita ingin tutorial cara crack, tutorial cara hack, atau membuat virus?. Semuanya ada. Belum lagi kalau anda lancar membaca bahasa inggris, maka pengetahuan anda akan lebih luas lagi dengan dunia Underground.

Nah, ketika sebuah virus baru ditemukan, entah dari mana asalnya, tentunya seorang pakar virus akan melakukan “bedah” terhadap isi virus tersebut. Dari sini akan ditentukan sebenarnya apa yang dilakukan virus tersebut, sehingga tahu bagaimana cara menghilangkannya. Seperti yang saya lakukan pada Virus YUYUN, karena programnya sama sekali tidak disembunyikan, jadi dengan mudah dapat dibaca dan saya dapat menyarankan solusinya. Hal ini berlaku untuk semua virus.

Sehingga sangat tidak beralasanlah kalau para pakar virus itu hanya mampu membuat antivirus untuk virus-virus pesanan saja. Pesanan, mungkin yaa, cuman persentasenya saya kira kok sedikit sekali.

Nah, karena itu, kalau anda ingin antivirus favorit anda dapat mendeteksi virus baru dengan cepat, kirimkan sampel virusnya ke lab antivirus tersebut, siapa tahu anda mendapatkan software mereka secara gratis karena mengirim sampel tersebut (hal ini berlaku di vaksin.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: