Abs.Net web Page

Share Your Knowledge, Build your Network..

Download dengan Teknologi torrent

Posted by Hari Saryono on 9 February 2009


Sebenarnya saya agak malu menuliskan trik ini, karena tidak sesuai dengan filosofi pengembangan torrent yang sesungguhnya. Namun, adakalanya kita memerlukan sedikit cara untuk “mengakali” koneksi kita yang memang masih kalah jauh “kecepatannya” dibandingkan dengan negara lain.

catatan :

  1. Untuk tulisan ini, artikel akan saya format mulai dari latar belakang, trik, dan kemudian kemungkinan penggunaan, agar pembaca dapat mengambil manfaat semaksimal mungkin dari artikel ini, tidak terbatas pada apa yang saya tulis saja.
  2. Untuk tulisan dalam bahasa Indonesia, akan saya masukkan dalam kategori Berita abs.net.

LATAR BELAKANG

Torrent adalah file yang kecil, yang hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi .torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dan sebagainya. Dengan menggunakan search engine, atau dengan daftar yang saya post-kan di blog saya yang lain, anda dapat mengambil file-file yang anda butuhkan. Berita baiknya, ketika saya menuliskan blog ini, dari 10 daftar yang saya buat, masih ada 8 link yang menyediakan torrent secara gratis.

Dengan demikian patut diingat bahwa ketika anda mendownload file torrent, sebenarnya anda belum mendownload file yang anda perlukan. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah, anda harus mempunyai program downloader torrent, atau yang sering disebut client.

Banyak program client yang ada di internet yang dapat didownload secara gratis, diantaranya bittorrent dan utorrent (miu torrent).

Sebelum melangkah lebih jauh, marilah kita mengenal dulu beberapa istilah dalam torrent agar penjelasan yang berikutnya dapat difahami dengan baik.

ISTILAH DALAM TORRENT

  1. Seed adalah pengguna, yang telah mendownload file dari torrent dan melakukan sharing.
  2. Peer adalah semua orang yang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
  3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD ratio yang rendah.
  4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload)
  5. Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user.
  6. Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya).

Bagaimana sebenarnya torrent bekerja?

Cara download yang umum di internet adalah client-server, dimana server mempunyai keseluruhan file yang anda inginkan, dan anda mendownloadnya dari server. Prinsip torrent berbeda dengan cara ini.

Torrent (terutama BitTorrent) merupakan salah satu teknologi sharing file yang disebut dengan P2P (baca : Peer to Peer), dimana user-user terkoneksi untuk mengirim dan menerima sebagian file, dengan tracker sebagai pengkoordinasinya. Tracker sama sekali tidak mempunyai file yang dicari, tidak mempunyai data tentang isi file, karena itu walaupun dengan bandwidth tracker terbataspun, koordinasi dapat tetap jalan. Filosofi dasarnya adalah user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload. Dengan demikian, anda dalam saat yang sama bertindak sebagai server data.

Gambaran koneksi dari torrent seperti gambar dibawah ini:

torrent principleAnaloginya: misalkan 8 orang duduk dalam satu meja putar (gambar masing-masing komputer) dimana mereka dapat berbicara dan mendengar satu sama lain. Mereka semuanya menginginkan 100 halaman buku. A mempunyai 5 halaman awal, B 10 halaman berikutnya, C, D, dan E sudah mempunyai 90 bagian awal, F mempunyai keseluruhan bagian buku tersebut. Nah Komandan yang ada di tengah mengkoordinasikan pertukaran bahwa, A meminta 5 halaman dari B (yang paling dekat) , lalu mereka minta kopi dari C, D atau E, mana yang paling dekat, C, D, dan E minta dari F dan seterusnya. Dengan cara demikian semuanya akan mendapatkan kopi buku tersebut secara lengkap. Nah proses yang dikomandani oleh seseorang yang dalam istilah torrent dinamakan Tracker. Karenanya proses torrent adalah take-and-give, anda meminta sekaligus juga memberi.

Ketika anda mendownload file lewat torrent, anda akan melakukan sharing sebagian file yang telah anda download ke orang lain yang sedang mencari file yang anda punya, tentunya dikoordinasikan oleh tracker.

Permasalahan situasional

  1. Misalkan bila server tracker saat ini sedang down, anda tentu saja tidak bisa mendownload data. Namun bila anda sudah mendownload sebagian data, dan server down di tengah-tengah download tersebut, hal ini tidak menjadi masalah karena program client anda sudah mempunyai data dimana ia harus mencari file tersebut.
  2. Mungkin suatu saat tidak ada orang yang mendownload atau sharing file, kecuali anda. Karenanya torrent anda tidak mempunyai alamat download yang jelas. Kalau program client torrent anda hidupkan, maka anda hanya akan menjadi uploader saja.

Kemungkinan penggunaan

Dengan bekal informasi diatas, anda dapat memahami beberapa hal :

  1. Dengan torrent, anda sekaligus sebagai client dan server. Anda mendownload file A, sekaligus upload file B yang telah anda punya
  2. Tracker server hanyalah sebagai kooordinator, tidak mempunyai file yang anda butuhkan
  3. File yang anda cari terserak pada seeder, yang mana adalah komputer-komputer yang sedang menghidupkan program torrent dan telah pernah mendownload sebagian atau keseluruhan file yang anda cari.

Kami kira, cukuplah bekal 3 hal diatas untuk melangkah ke bagian selanjutnya.

Manipulasi Torrent

Istilah hacking sering digunakan secara salah dalam bahasa Indonesia, sama dengan istilah “manipulation” dalam bahasa Inggris. Padahal, arti kata manipulation sebenarnya baik, yaitu

  • to treat or operate with or as if with the hands or by mechanical means especially in a skillful manner
  • to manage or utilize skillfull (sumber : Merriam Webster dictionary)

Nah, lepas dari bagus tidaknya kata tersebut, maka saya menyarankan beberapa hal :

  • Download dengan torrent kadang cepat-kadang lambat, tergantung pada seeder yang ada, apakah ada atau tidak. Untuk itu cek-lah berapa jumlah seeder yang aktif, dimana informasi ini ada pada torrent engine. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh dibawah ini:
  • Torrent Download

    Torrent Download

    Saya mencari CSI ETABS, sebuah program struktur yang kurang populer, karenanya tidak ada yang menyediakan, terlihat dari jumlah seeder 0, 1 leecher berarti hanya saya yang mencarinya. Kemudian ada lagi catatan dari torrent bahwa file ini merupakan file rar berpassword. Ada tidaknya virus juga sudah dicek.
    Kalau sudah tahu kondisi filenya seperti ini, ya nggak usah diambil. Cari yang seedernya banyak, leechernya juga banyak nggak apa-apa

  • Filisofinya adalah anda memberi dan meminta. Bagaimana kalau anda mau meminta saja tanpa memberi? (ini sih tipikal saya). Sebenarnya bisa saja, tapi apa nggak malu?. Bagaimana kalau begini saja: saya minta banyak, tapi saya memberi sedikit. Settingannya seperti ini (saya gunakan bittorrent)
  • bandwidth
  • penjelasannya :
    • maximum uploadnya, atur 8 kbps (atau lebih rendah dari angka ini. Jangan nol lah, masak gak punya rasa kasihan
    • alternate upload rate when not downloading (kalau anda tidak download, anda upload dengan kecepatan max 5 kbps)
    • Maximum download rate (nol berarti rate download tidak dibatasi )
    • Global maximum number of connection (jumlah koneksi leecher 10 aja cukup)
    • Maximum number of connected peer per torrent (jumlah torrent yang bisa koneksi langsung ke komputer anda 1 aja, nggak usah banyak banyak)
    • Number of uplade slot per torrent (kalau upload, filenya anda bagi-bagi maksimum 4 bagian aja).
  • Torrent sangat cocok digunakan untuk download file yang besar dalam waktu lama seperti film, software besar dan seterusnya, kurang cocok bagi pengguna warnet yang umumnya menginginkan download yang cepat.

Nah, maka itu, didepan, saya bilang khan, saya malu menjelaskan ini, karena kelihatan sikap mental saya yang suka meminta tapi nggak suka memberi. Cuman mau gimana lagi, perbedaannya sangat terasa sih.

Semoga informasi ini dapat anda gunakan dengan penuh tanggungjawab.

About these ads

4 Responses to “Download dengan Teknologi torrent”

  1. Salam kenal. Informasi dan penjelasan yang diberikan bagus dan informatif sekali! Thanks for sharing.

    Boleh saya tambahkan tips cepat download torrent?

    OK, ada cara yang lebih gampang untuk download torrent. Cara kerjanya, torrent yang kita inginkan dijadikan direct link terlebih dulu, sehingga setelah itu kita bisa download dengan download accelerator kesayangan kita secara normal dengan kecepatan yang cukup tinggi (tergantung koneksi internetnya).

    Cara ini terbukti lebih cepat daripada menggunakan software torrent.

    Silahkan coba, artikelnya ada disini: http://teknoneta.blogspot.com .

    Thanks for the place to share

  2. [...] Sebelum memahami tentang bitsoup, anda harus sudah faham dahulu tentang apakah itu torrent. Untuk melengkapi pemahaman anda, silahkan ikuti tautan ini [...]

  3. squall said

    mau tanya istilah wasted: (hashfails) pada utorrent itu apaya

  4. webmaster said

    hashfails : setiap paket pada torrent terbagi-bagi dalam paket kecil-kecil sekitar 256 kb. Masing-masing paket kecil ini mempunyai sebuah pengecek jumlah untuk memastikan bahwa apa yang ditransfer adalah persis sama dengan file sumber. pengecek ini biasanya dengan cara semua karakter dijumlahkan (tentunya dalam bentuk biner) yang membentuk string unik yang disebut hash. kalau setelah dicek, hashnya tidak sama, berarti file yang dikopi tersebut kemungkinan rusak (corrupt) akibat proses transfer yang terputus atau sebab lain. File yang rusak (fails) ini dibuang (wasted). Sehingga kalau wastednya terlalu banyak, mungkin koneksimu bermasalah. Tapi biasanya file rusak ini sangat kecil, kurang dari 1%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: